Tips Sukses Berternak Kambing 2020

Selamat pagi

Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi bisnis di Bidang Peternakan Kambing.

Banner kambing 2020
Ternak kambing di 2020 masih sangat banyak diminati dimasyarakat

Semua orang mengenal kambing, yah kambing adalah jenis binatang mamalia pemakan tumbuh tumbuhan atau yang dikenal dengan Herbivora, makanan utama kambing adalah rumput, dan daun daunan.

Perkembang biakan kambing itu sangat cepat dalam 1 tahun kambing bisa beranak 2 kali, dan uniknya ketika beranak kambing bisa melahirkan 2 sampai 3 anakan kambing sekaligus,
maka dari itu masyarakat banyak membudidayakan ternak kambing untuk usaha sampingan mereka.

Apa saja manfaat yang di daapat dari bisnis berternak kambing ?

Kambing mempunyai banyak manfaat dan banyak macam jenisnya, dari binatang ini kita dapat banyak memanfaatkan antara lain :

1. Daging
Daging kambing adalah salah satu jenis daging yang menjadi favorite di masyarakat untuk dioleh menjadi berbagai jenis makanan seperti sate, gulai, sop, soto dsb.
Berikut jenis kambing yang dimanfaatkan dagingnya antara lain :
Domba, jawa randu, kacangan.

2. Susu
Susu kambing adalah salah satu jenis susu yang sangat disukai di masyarakat, karna susu kambing mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Jenis kambing yang dimanfaatkan susunya adalah jenis kambing Etawa dan kambing Sanen.

3. Benang Walls
Selain daging dan susunya, kambing juga bisa dimanfaatkan bulunya untuk bahan pembuatan benang walls.
jenis kambing yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan benang walls adalah jenis kambing Domba Moreno.

Dari pembahasan diatas tentang manfaat kambing dan jenisnya jika para pembaca tertarik dengan berternak kambing alangkah baiknya kita memahami juga proses pemeliharaannya.

Apa saja yang disiapkan sebelum berternak kambing ?

Dalam berternak kambing kita harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses pemeliharaannya berikut adalah yang harus dipersipkan untuk berternak kambing :

1. Kandang
Dalam berternak kambing kita membutuhkan kandang, bertujuan agar kambing tidak lari kemana mana, kandang kambing idealnya berbentuk panggung dengan ketinggian dari tanah -/+ 1,5 Meter dari tanah berbahan bambu dengan lantai yang berlubang sehingga air kencing dan kotorannya langsung jatuh kebawah, kemudian dari bawah bisa dibersihkan hal ini untuk menjaga kesehatan kambing dan kebersihan kandangnya, idealnya permeter persegi dipakai untuk 2 ekor kambing.

Penentuan lokasi kandang harus tepat sebab kambing itu bau, pastikan lokasi kandang jauh dari pemukiman penduduk namun mempunyai akses jalan yang mudah.

Sebab jika kita tidak memperhatikan lingkungan sekeliling misal kita didemo sama warga sekitar yang gak nyaman dengan bae kambing pastilah kita akan rugi banyak, sebab untuk membuat kandang juga kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

2. Pakan
Persediaan pakan menjadi penunjang kebersilan budidaya kambing, maka dari itu banyak peternak kambing yang sengaja menanam rumput Gajah dan rumput odot untuk pakan hijauan, kemudian mencari limbah jerami hasil panen padi untuk dijadikan pakan fermentasi.

3. Pelajari tentang cara pembuatan pakan fermentasi, bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat pakan fermentasi.

4. Pastikan ketersediaan air minum kambing selalu ada, sebab semua makluk hidup membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.
pastikan air minum bersih tidak berbau dan bebas dari bakteri ecoli bisa mengunakan air PDAM atau juga bisa mengunakan Air sumur yang sudah di Filter dan Clorinator sehingga air minum bersih dan bebas dari bakteri.

5. Tentukan jenis kambing yang akan kita ternak, agar kita bisa menentukan pasarnya untuk hasil ternaknya.

Misal kita ternak kambing etawa ataupun Sanen untuk diambil susu maka kita harus mencari konsumenya seperti Caffe, Penjual susu keliling, begitupun jika kita ternak kambing jenis yang lain.

Tentukan jenis kambing yang tahan dengan iklim atau cuaca ditempat anda, misal anda berada didaerah pesisir pantai baiknya ternak kambing jenis Jawa Randu atau juga bisa kambing kacangan untuk kambing jenis susunya kambing jenis etawa dan misal anda berada didaerah dataran tinggi atau pegunungan baiknya anda ternak kambing jenis, Domba, dan jenis Sanen untuk kambing susunya.

7. Pemberian vitamins
Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh kambing terhadap berbagai penyekakit dengan diberikan vitamin pertumbuhan kambing akan sangat baik.

8. Pemberian Obat Cacing
Pemberian Obat Cacing pada kambing bisa dilakukan 6 bulan sekali, bertujuan membunuh cacing parasit yang membawa bibit penyakit pada hewan ternak.

Dari beberapa Tips Sukses Berternak Kambing di atas semoga kalian para pembaca artikel ini yang memang berkeinginan mendirikan peternakan kambing, dapat memahami cara berternak kambing yang baik, dan untuk para peternak semoga bisa menerap cara pemeliharaan yang sesuai prosedur, selain tidak merugikan lingkungan juga agar mendapat hasil yang makimal dan kambing yang dipelihara sehat.

Salam Sukses 🙂
Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *