Cara Merawat Ayam Cemani

Cara Merawat Ayam Cemani
Hosting murah 2022

Hallo sahabat peluangusahaok.com semoga kalian semua dalam keadaan sehat Aamin. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel Cara Merawat Ayam Cemani.

Apa Itu Ayam Cemani ?

Ayam cemani adalah jenis ayam hias yang memiliki warna serba hitam dari bulu, kulit, hingga lidah berwarna hitam. Ayam hias ini asli Indonesia yang berasal dari desa kedu, temanggung, jawa tengah.

Jenis ayam ini sangat terkenal dengan hal – hal yang berbau mistis, konon ayam jenis ini sering masyakarat gunakan sebagai sesaji.

Ayo beli Cemilan Sehat Tradisional, pastinya enak dan bergizi

Cara Memelihara Ayam Cemani

Pemeliharaan ayam hias jenis ini tidaklah rumit, karena sama seperti ayam kampung yang bisa kita beri makan apa saja baik bekatul, kosentrat pedaging dsb.

Berikut adalah cara merawat ayam cemani :

  1. Berikan makan 3x sehari yaitu pagi, siang dan sore
  2. Berikan air minum yang tidak terbatas pastikan ketersedian air minum selalu ada ketika ayam membutuhkan.
  3. Melakukan Vaksinasi pada ayam cemani dengan vaksin ND dan IB dan melakukan pengulangan vaksinasi setiap 3 bulan sekali bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam dari serangan penyakit Newcastel Diesense dan Gumboro.
  4. Bersihkan kandang ayam dari kotorannya dan pastikan kandang ayam tetap kering tidak lembab untuk menjaga ayam agar selalu sehat.
  5. Pastikan ayam cukup mendapatkan sinar matahari untuk menjaga kesehatannya

Cara Membuat Pakan Ayam

Berikut ini adalah cara membuat pakan ayam agar sehat dan cepat gemuk

  1. Siapkan air panas 1 Litter
  2. Tambahkan Garam Kasar / Krosok 50 Gram, aduk hingga merata
  3. Tambah dedak / bekatul 1 Kg kemudian aduk hingga merata
  4. Berikan tambahan ampas tahu 1/2 Kg aduk sampai tercampur rata
  5. Tuangkan sedikit tetes tebu untuk menambah aroma rasa agar semakin lahap
  6. Aduk sampai tercampur merata dan pakan siap kita berikan pada ayam

Baca Artikel Cara Merawat Kelinci Anggora

Air Minum

Dalam pemberian air minum ayam kita tidak bisa sembarangan karena dari air minum dapat menyebabkan banyak penyakit pada ayam seperti ecoli, ND, dan Gumbora bahkan Flu Burung maka dari itu pastikan kita memberikan air yang baik seperti  :

  1. Air Sumur yang bersih yang sudah kita proses dengan melakukan filter dengan mengunakan Clorinator, Pasir aktif dan Carbon Aktif serta Resin.
  2. Air PDAM pada umumnya air PDAM sudah melalui beberapa proses filterasi untuk mendapatkan air yang berkualitas sehingga baik untuk kita konsumsi.

Sekian pembahasan artikel tentang Cara Merawat Ayam Cemani yang baik dan benar agar ayam tumbuh sehat dan kuat dari serangan penyakit ND / Gumboro yang sangat mematikan pada unggas seperti ayam, burung dsb.

Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *