Bertani Jagung Sangat Menghasilkan di 2020

Bertani Jagung Sangat Menghasilkan di 2020

Dalam artikel ini akan dibahas cara bertani jagung, salah satu jenis komoditas hasil dari pertanian yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis aneka makanan dan tepung maezena, juga dipergunakan untuk bahan campuran pakan binatang ternak seperti ayam, bebek, burung dsb, kebutuhan terbanyak adalah digunakan untuk bahan pembuatan voer untuk pakan ayam pedaging ataupun jenis petelur, selain mudah dalam pemeliharaannya tanaman ini juga mampu bertahan dari berbagai macam jenis hama, itu sebabnya banyak masyarakat yang memilih untuk bertani jagung, tanaman biji bijian ini yang kaya akan protein, memiliki tinggi batang pohon 1 m – 1,5 m dan masa pemeliharaan 120 hari dihitung dari masa tanam hingga masa panen jadi dalam 1 tahun mampu 3 kali masa panen.

Persiapan Bertani Jagung

  1. Persiapan lahan menjadi hal utama, sebelum ditanami jagung alangkah baiknya lahan telah dilakukan proses cultivator atau pengemburan tanah.
  2. Persiapan pupuk karna dalam pertumbuhan jagung membutuhkan pupuk untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral dan protein jagung tersebut.
  3. Persediaan air harus ada untuk memenuhi kebutuhan air tanaman jagung ini.

Proses perawatan

Perawatan jagung sangatlah mudah, hanya dengan cara dilakukan pengairan per 2 minggu sekali dan untuk pemberian garam dilakukan 3 kali pada umur jagung 12 hari,  kemudian pada saat umur jagung 45 hari kemudian di saat jagung  85 hari / sedang proses isi, agar biji jagung yang dihasilkan bagus berat dan menghasilkan.

Perhitungan Hasil

Pertongkol jagung idealnya mampu menghasilkan -/+ 1 kg jagung basah namun ketika menjadi kering dan siap jual bobot jagung akan menyusut sekitar 500 gram, misalkan dalam 1 hektar lahan sawah terdapat 40000 tongkol maka akan didapatkan hasil jagung kering -/+ 20 Ton dengan harga jual jagung kering berkisar 5000/kg maka tinggal hasilnya adalah :

Rp 5000 x 20000kg = Rp. 100.000.000

Maka perbulan bisa dihasilkan Rp. 30.000.000

Gimana sangat menguntungkan bukan,?

Baca Juga Artikel Cara Menanam Pohon Pepaya Yang Benar

Sekian pembahasan artikel ini semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian, jangan lupa baca juga artikel kami tentang peluang usaha jasa ISP RT / RW NET yang sangat menghasilkan

Terimakasih salam sukses

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *