Setting Hotspot Pada Mikrotik RT/RW NET

Hosting murah 2020

Hallo sobat peluangusahaok.com semoga kalian semuanya dalam keadaan sehat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara Setting Service Hotspot Pada Mikrotik. Apa itu hotspot,? Mungkin semua orang sudah tau tentang apa itu hotspot. Hotspot merupakan system managemen dalam layanan service internet yang berfungsi untuk memanagemen jaringan internet.

Pada kesempatan ini saya akan mengajak temen – temen semua para pembaca untuk belajar setting jaringan internet menggunakan service hotspot. Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang Setting Dasar Mikrotik untuk RT/RW NET Maka sekarang kita Setting Managemennya dengan service hotspot pada routerboard mikrotik.

Baca juga artikel Rekomendasi Tablet Terbaik Produk Samsung

Langkah Awal Setting Hotspot

Buka aplikasi winbox dan kemudian pilih menu IP>Hotspot>Hotspot Setup.

Setting Hotspot Pada Mikrotik RT/RW NET

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian untuk membuat service hotspot kita pilih menu Hotspot Setup.

Setting Hotspot Pada Mikrotik RT/RW NET

Setelah terbuka sub menu hotspot setup tentukan pada interface mana kita akan menerapkan service hotspot tersebut. Kali ini saya akan menggunakan Interface 2 Sebagai Output dari mikrotiknya jadi saya pilih interface 2.

Setting Hotspot Pada Mikrotik RT/RW NET
Setting Service Hotspot Pada Mikrotik

Kemudian tinggal kita pilih Next, maka akan muncul IP yang telah kita masukan pada dhcp setup, jika kita ingin menggunakan IP tersebut tinggal kita Next saja tanpa harus merubahnya.

Setting Hotspot Pada Mikrotik RT/RW NET

Kemudian setelah kita Next akan muncul tampilan sebagai berikut

IP Pool

Jika sudah sesuai bisa kita pilih Next saja, untuk melanjutkan settingannya dan akan muncul tampilan seperti gambar berikutnya :

certifikat

Apabila kita mempunyai Sertifikate yang telah kita buat maka bisa memilih import other certificate dan kita masukan sertifikatenya. Namun jika kkta tidak punya tinggal kita pilih none.

SNTP server

Silahkan kalian isikan IP SMTP server sesuai keinginan kalian kalau saya pilih kosongin ajah langsung Next, setelah selesai itu masukan DNS sesuai keinginan kita bisa DNS Google dan sebagainya. silahkan isikan pula DNS Name.

Kemudian ditahap akhir kita akan di minta membuat akun / user login pada mikrotik, maka kita harus membuatnya. Dengan cara klik Next maka akan muncul user login dan paswordnya.

User Admin

Cara Membuat User Akun

Langkah awal kita harus masuk ke IP>Hotspot>User>New User, kemudian tambahkan nama dan pasword login sesuai keinginan anda. Pilih dan sesuaikan profilenya.

Limit Kecepatan dengan User Profile

Pada menu Hotspot kita pilih menu User Profile > New Hotspot User Profile maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Nama : masukan nama profile yang anda inginkan

Address Poll : Masukan Ip Dhcp yang telah anda buat

Shared User : Isikan terserah anda ingin berapa banyak user yang online pada profile ini

Rate Limit : Berfungsi untuk membatasi kecepatan upload dan download user dalam mengunakan internet.

Ini merupakan dasar untuk limitasi kecepatan pada mikrotik, sebenarnya masih banyak lagi cara yang dapat kita gunakan yaitu :

  1. Simple Queues
  2. Queue Tree

Okeh cukup sekian tentang pembahasan setting service dasar mikotik bagi pemula, semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat, bagi para pembaca. Terimakasih telah berkunjung pada artikel ini.

Baca juga artikel sebelumnya Setting dasar mikrotik

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *