Budidaya Ikan Nila Sangat Mengguntungkan di 2021

Budidaya Ikan Nila
Hosting murah 2021

Hallo sahabat peluangusahaok.com semoga kalian semuanya senantiasa dalam keadaan baik dan sehat Aamiin, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Budidaya Ikan Nila, mungkin bagi para pembaca yang memiliki lahan kosong disekitar rumahnya namun binggung mau dimanfaatkan buat apa, budidaya ikan nila bisa menjadi solusi pemanfaatan lahan kosong sekitar rumah, seperti yang kita ketahui bahwa ikan nilai adalah jenis ikan yang hidup diair tawar, ikan nila dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Oreochromis niloticus.

Macam Jenis Ikan Nila

Nila Merah

Ikan nila merah memiliki warna kuning agak kemerahan, ikan nila jenis ini dapat mencapai bobot 200 – 400 gram per ekor, saat dipanen umurnya sekitar 7 bulan.

Nila Gesit

Jenis yang banyak peminatnya untuk dibudidaya karena nila jenis ini bisa mencapai bobot 500 – 700 gram dalam masa pemeliharaan 6 bulan.

Baca juga artikel tentang Cara Memulai Budidaya Udang Vaname 2021.

Jenis Pakan Ikan Nila

  1. Pakan pabrikan yang sudah berstandar gizi sesuai kebutuhan ikan nila.
  2. Pakan hijauan adalah jenis pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi ikan dan juga sebagai media agar ikan tidak mudah kanibal.
  3. Fermentasi adalah pakan buatan sendiri yang telah melalui proses fermentasi bertujuan untuk mengurangi bau busuk dan agar pakan tahan lama.

Contoh Pemberian Pakan Nila

1500 ekor ikan nila berukuran 10-20 gram/ekor.
dengan rata-rata bobot ikan → (10+20)/2 = 15 gram/ekor.
Berikan pakannya → 15 x 1500 x 3% = 675 gram = 6,75 kg per hari.

Pembuatan Pakan Ikan Nila

Dalam pembuatan pakan ikan nila dengan cara fermentasi kita membutuhkan beberapa bahan alat yaitu :

  1. Obat / Ragi untuk melakukan proses fermentasi bisa EM4, Yakult.
  2. Pakan pabrikan bertujuan agar ikan lebih cepat mengenali makanannya dari bentuknya
  3. Bahan baku yang untuk membuat pakan fermentasi seperti bekatul, ampas tahu.
  4. Tempat untuk memproses bahan agar terfermentasi bisa dengan bak, kolam, box yang penting kedap udara.

Proses Fermentasi

Campur semua bahan tersebut kemudian dengan perbandingan 20 % pakan pabrikan, 40 % ampas tahu dan 40 % bekatul kemudian aduk hingga merata.

Langkah berikutnya kita harus mencampur 5 tutup botol EM4 dengan 0,5 Litter dengan tambahkan 1 botol yakult.

Kemudian spray cairan EM4 agar secara merata pada bahan bahan tadi kemudian aduk hingga merata, setelah diaduk masukan pakan ke tempat yang kedap udara agar terjadi proses fermentasi.

Ciri Fermentasi Berhasil

Proses fermentasi berlangsung selama 1 minggu, umunya pakan akan berubah menjadi agak basah dan beraroma harum seperti bau tape.

Baca juga artikel tentang Tips Sukses Berternak kambing 2021

Proses Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan bisa mengunakan media kolam terpal, beton ataupun tanah, masa pemeliharaan ikan jenis ini agak cukup lama yaitu 6 – 7 Bulan dari masa tebar benih sampai masa panen, untuk dibudidayakan kebanyakan para pembudidaya melilih ikan NILA JANTAN, karena ukuran Ikan Nila Jantan lebih besar dari pada ikan Nila Betina.

Pemeliharaan Air Kolam

Cek selalu kebersihan air kolam, karna ikan nila adalah jenis air bersih, kondisikan selalu agar oksigen dalam kolam terpenuhi.

Kebersihan air kolam hal utama yang harus selalu kita perhatikan setiap saat, bertujuan agar ikan tidak stres karna tingginya kadar amonia.

Pemberian Vitamin

Ikan nila harus secara rutin diberikan vitamin bertujuan agar mendapatkan hasil pertumbuhan ikan yang maksimal, serta sehat sehingga mengurangi kerugian akibat kematian ikan.

Sekian dulu pembahasan artikel dari saya ini tentang peluang usaha budidaya nila yang sangat menguntungkan di 2021, semoga pembahasan artikel tentang Ikan Nila ini bermanfaat dan menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca peluangusahaok.com.

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *