TIPS SUKSES BUDIDAYA IKAN NILA

Selamat pagi,

pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tips Sukses Budidaya Ikan Nila, mungkin bagi para pembaca yang memiliki lahan kosong disekitar rumahnya namun binggung mau dimanfaatkan buat apa, budidaya ikan nila bisa menjadi solusi pemanfaatan lahan kosong sekitar rumah.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan nilai adalah jenis ikan yang hidup diair tawar, ikan nila dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Oreochromis niloticus.

Berikut adalah jenis – jenis dari ikan nila / Tilapia :

Ikan Nila Merah

Ikan Nila merah memiliki warna kuning agak kemerahan  dan bisa mencapai bobot 200 – 300 gram, ketika 6 bulan masa pemeiharaan.

 

 

 

 

Ikan Nila Gesit

Ikan Nila Gesit adalah jenis ikan Nila yang sangat banyak peminatnya untuk dibudidaya dikarekan ikan Nila gesit ini bisa mencapai bobot 500 – 700 gram dalam masa pemeliharaan 6 bulan.

 

 

Pakan Ikan Nila 

Untuk pakan, ikan nila ini adalah jenis ikan pemakan segala selain pelet ikan ini juga bisa dikasih makan rajangan kangkung, lompong dan sayur – sayuran atau rumput yang dirajang halus.

1500 ekor ikan nila berukuran 10-20 gram/ekor.
dengan rata-rata bobot ikan → (10+20)/2 = 15 gram/ekor.
Pemberian pakannya → 15 x 1500 x 3% = 675 gram = 6,75 kg per hari
setiap dua minggu sekali dilakukan penimbangan bobot ikan Nila tersebut, untuk menyesuaikan jumlah pakan.

Kolam Pemeliharaan

Untuk kolam pemeliharaan ada 3 metode yaitu :

Kolam Terpal

Kolam Tanah

Kolam Beton

 

Usia pemeliharaan Normal Ikan Nila dari awal penebaran benih hingga siap panen membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 6 – 7 Bulan.

untuk dibudidayakan kebanyakan para pembudidaya melilih ikan NILA JANTAN, karena ukuran Ikan Nila Jantan lebih besar dari pada ikan Nila Betina.

Pemeliharaan Air Kolam

Cek selalu kebersihan air kolam, karna ikan nila adalah jenis air bersih, kondisikan selalu agar oksigen dalam kolam terpenuhi.

Pemberian Vitamin

Pemberian Vitamin Untuk Merangsang Proses Pertumbuhan Ikan, itu sangat dianjurkan, selain pertumbuhan ikan akan makimal juga kondisi kesehatan ikan selalu terjaga, sehingga meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh kematian ikan pada masa pertumbuhan.

Sekian dulu artikel dari saya ini, nanti akan saya tambahkan lagi pembahasan tentang Ikan Nila diartikel selanjutnya.

Terimakasih

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *